PENGARUH PERLAKUAN MASA PENYIMPANAN DAN BAHAN PEMBUNGKUS ENTRES TERHADAP PERTUMBUHAN AWAL BIBIT JERUK (Citrus sp.) SECARA OKULASI

ANINDIAWATI, YUSNIA (2011) PENGARUH PERLAKUAN MASA PENYIMPANAN DAN BAHAN PEMBUNGKUS ENTRES TERHADAP PERTUMBUHAN AWAL BIBIT JERUK (Citrus sp.) SECARA OKULASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (927Kb)

    Abstract

    Jeruk merupakan komoditas buah yang paling menguntungkan diusahakan saat ini. Akan tetapi, produsen dalam negeri belum mampu menghasilkan buah jeruk dengan kualitas yang diiginkan oleh pasar. Sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan kualitas bibit jeruk salah satunya dengan okulasi. Okulasi terkadang juga terdapat kendala, yaitu entres yang digunakan harus dalam keadaan segar, tetapi di lapangan sering terjadi penundaan, sehingga perlu dilakukan penyimpanan dengan bahan pembungkus yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui masa penyimpanan dan bahan pembungkus yang tepat untuk pertumbuhan bibit jeruk hasil okulasi serta mengetahui interaksi antara masa penyimpanan dan bahan pembungkus terhadap pertumbuhan bibit okulasi. Penelitian dilaksanakan bulan Januari sampai Mei 2011 berdasarkan percobaan faktorial dengan rancangan acak lengkap, diulang tiga kali. Perlakuan terdiri atas dua faktor yaitu masa penyimpanan (0, 1, 2, dan 3 hari) dan bahan pembungkus (aluminium foil, pelepah pisang, dan irisan temulawak), sehingga diperoleh 12 kombinasi perlakuan. Variabel pengamatan meliputi persentase okulasi jadi, waktu pecah tunas, panjang tunas, jumlah daun, serta persentase okulasi tumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penyimpanan entres sampai 3 hari dengan bahan pembungkus aluminium foil, pelepah pisang dan irisan temulawak mampu menghasilkan bibit okulasi tumbuh tertinggi mencapai 78%. Bahan pembungkus entres dengan aluminium foil, pelepah pisang dan irisan temulawak tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan awal bibit jeruk secara okulasi serta interaksi antara masa penyimpanan dan bahan pembungkus entres tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tunas okulasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 21 Aug 2013 18:39
    Last Modified: 21 Aug 2013 18:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10228

    Actions (login required)

    View Item