PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK GERGAJI KAYU JATI (Tectona Grandits L.f), PADA PADUAN TANAH LIAT DAN ABU SAMPAH TERHADAP KUALITAS BATU BATA MERAH DI KABUPATEN KARANGANYAR

WULANDARI, FENY INDRARINI (2011) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK GERGAJI KAYU JATI (Tectona Grandits L.f), PADA PADUAN TANAH LIAT DAN ABU SAMPAH TERHADAP KUALITAS BATU BATA MERAH DI KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1152Kb)

    Abstract

    Batu bata merah merupakan salah satu bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat dengan atau tanpa bahan campuran yang dibakar pada suhu tinggi hingga tidak hancur jika direndam dalam air. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai konduktivitas termal dan menentukan nilai kuat tekan pada batu bata merah dengan campuran serbuk gergaji. Di mana bahan utama abu sampah dan tanah liat dicampur secara homogen dengan komposisi 15%:85% dengan variasi campuran serbuk gergaji 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%. Dari hasil uji konduktivitas termal didapat bahwa nilai konduktivitas termal maximum ada pada saat persentase campuran serbuk gergaji 5% yaitu (0,24±0,01) kcal/m jamoC atau (0,06±0,01).10-4 kcal/ms0C. Dari hasil uji kuat dari 59,8 N/mm2 sampai 36,3 N/mm2 menyebabkan penurunan kuat tekan. Di mana semakin besar persentase serbuk gergaji maka kuat tekannya semakin kecil. Kata kunci: Abu sampah, serbuk gergaji, konduktivitas termal, dan kuat tekan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 21 Aug 2013 17:40
    Last Modified: 21 Aug 2013 17:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10201

    Actions (login required)

    View Item