PERENCANAAN GEOMETRIK, TEBAL PERKERASAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA RUAS JALAN TINGKIR TENGAH – BENDOSARI KOTAMADYA SALATIGA

CAHYADI, ANDIKA INDRA (2011) PERENCANAAN GEOMETRIK, TEBAL PERKERASAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA RUAS JALAN TINGKIR TENGAH – BENDOSARI KOTAMADYA SALATIGA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (3612Kb)

    Abstract

    Jaringan jalan raya yang merupakan prasarana transportasi darat memegang peranan yang sangat penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan barang dan jasa. Keberadaan jalan raya sangat diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi yang dapat menjangkau daerah – daerah terpencil yang merupakan sentra produksi barang atau jasa. Jalan raya direncanakan agar dapat menampung arus lalu lintas yang akan melewatinya selama umur rencana. Atau dengan perkataan lain, lalu lintas merupakan pembebanan yang harus dipikul oleh suatu konstruksi jalan. Sebagai prasarana transportasi, Jalan raya dibuat untuk menyalurkan berbagai moda transportasi jalan yang bergerak dari asalnya ke tujuannya. Moda transportasi seperti mobil penumpang, bus, dan truk, merupakan alat untuk melakukan perpindahan orang dan barang. Dalam kaitan ini, jalan direncanakan untuk menyalurkan aliran kendaraan dari berbagai klasifikasi kendaraan sesuai fungsinya. Pembuatan Jalan yang menghubungkan Tingkir Tengah – Bendosari, Salatiga yang bertujuan untuk memberikan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan bagi pemakai jalan serta di harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar jalur jalan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 21 Aug 2013 17:24
    Last Modified: 21 Aug 2013 17:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10200

    Actions (login required)

    View Item