PENERAPAN PENDEKATAN CONSTRUCTIVE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKREASI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V KARANGJATI, KECAMATAN KALIJAMBE, KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

YUNIANTI, ESTERICA (2011) PENERAPAN PENDEKATAN CONSTRUCTIVE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKREASI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V KARANGJATI, KECAMATAN KALIJAMBE, KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2344Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Esterica Yunianti. PENERAPAN PENDEKATAN CONSTRUCTIVE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKREASI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V KARANGJATI, KECAMATAN KALIJAMBE, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menerapkan pendekatan constructive play untuk meningkatkan kemampuan berkreasi dalam kegiatan menggambar bebas pada peserta didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati Tahun Ajaran 2010/ 2011. (2) Penerapan pendekatan constructive play dapat meningkatkan kemampuan berkreasi dalam kegiatan menggambar bebas pada peserta didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati Tahun Ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati. Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 27. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mencakup tiga pokok kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan. Pelaksanaan PTK ini, mekanisme kerjanya diwujudkan dalam 3 siklus yang mencakup 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah strategi pekerjaan lapangan primer, yaitu pengalaman, pengungkapan, dan pengujian. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi komparatif dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Melalui PTK yang mencakup 4 kegiatan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi) yang dilakukan dengan (1) Metode bercakap-cakap yaitu berdialog dengan peserta didik untuk memunculkan rangsangan mereka tentang pengetahuan dasar yang dapat dijadikan dasar dalam berkarya seni. (2) Metode karya wisata yaitu memberikan pengalaman anak secara langsung dengan lingkungan alam dan menyediakan alat menggambar untuk bereksperimen, berdasarkan desain konstruktivistik oleh Gagnon dan Collay yaitu situasi, pengelompokan, pengaitan, pertanyaan, eksibisi, refleksi, prosentase indikator ketercapaian meningkat dari pelaksanaan siklus I, II, III. Pada pelaksanaan siklus III indikator ketercapaian dapat mencapai target yaitu lebih dari 75%. 2.Penerapan pendekatan constructive play dapat meningkatkan kemampuan berkreasi peserta didik dalam kegiatan menggambar bebas pada peserta didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati tahun pelajaran 2010/ 2011. Peningkatan berdasarkan indikator yaitu 1) Aspek Sikap dan keaktifan peserta didik selama mengikuti kegiatan menggambar bebas meningkat dari 58,94% pada siklus I menjadi 74,35% pada siklus II dan meningkat menjadi 84,35% pada siklus III. 2) Aspek kemampuan peserta didik dalam memahami materi menggambar bebas meningkat dari 73,24% pada siklus I menjadi 85,03% pada siklus II dan menjadi 97,52% pada siklus III. 3) Aspek kemampuan dalam menggambar bebas yaitu mampu berkreasi sesuai idenya berdasarkan pengalaman yang didapat dari lingkungan alam meningkat dari 64,19% menjadi 74,93% pada siklus II dan menjadi 83,33% pada siklus III. ABSTRACT Esterica Yunianti. PENERAPAN PENDEKATAN CONSTRUCTIVE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKREASI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V KARANGJATI, KECAMATAN KALIJAMBE, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University. 2011. The aim of this research is (1) Applied constructive play approach for improve creation ability in activity draw of free at the students of class B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati in academic year of 2010/ 2011. (2) Application constructive play approach can improve creation ability in activity draw of free at the students of class B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati in academic year of 2010/ 2011. This research is conducted in TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati. The Subject of research is the student of class B in academic years of 2010/ 2011 which consists of 27 students. This research is an classroom action research that consists procedure of three main activity, they are planning, implementing, arranging report. This classroom action research, mechanism the work consists of three cycles, every cycle consist of four steps, they are planning, acting, observing, reflecting. The technique of collecting data is used in this action research is acting primer range strategy, they are experiencing, enquiring, examining. The technique of analysis data is used in this action research is analysis deskripsi comparatif and critical analysis technique. The result of this research can concluded that: 1. Exceed classroom action research which consist four action (planning, acting, observing, reflecting) with (1) be engaged in conversation metod is dialogue with the student for appear stimulus above basis information which can accomplished in art activity basis. (2) Study tour metod is given child knowledge with nature area and ready draw instrument for eksperiment, based constructive desain by Gagnon dan Collay is situation, grouping, conecting, question, eksibiting, reflekting, indicator prosentase approve from cycle I, II, III. To cycle three, indicator prosentase can achieve, it is more than 75%. 2. Application constructive play approach can improve creation ability in activity draw of free at the students of class B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati in academic year of 2010/ 2011. The achievement based on indicators (1) Attitude and being active the student aspect as follow activity draw of free, in sycle one 58,94% and cycle two improves 74,35% and cycle three improves 84,35%. (2) The students be able to understand subject matter draw of free at cycle one reaches out 73,24%, cycle two improve 85,03% and cycle three improve 97,52%. (3) The student be able to draw of free is capable creation agree with idea based experience from nature area at cycle one reaches out 64,19%, cycle two improve 74,93% and cycle three improve 83,33%.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 21 Aug 2013 00:06
    Last Modified: 21 Aug 2013 00:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10184

    Actions (login required)

    View Item