WISATA RELIGI MAKAM BUMI ARUM MAJASTO (Studi Kehidupan Sosial Religi Peziarah Dan Masyarakat Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo)

Saleh, (2010) WISATA RELIGI MAKAM BUMI ARUM MAJASTO (Studi Kehidupan Sosial Religi Peziarah Dan Masyarakat Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (456Kb)

    Abstract

    Saleh, WISATA RELIGI MAKAM BUMI ARUM MAJASTO (Studi Kehidupan Sosial Religi Peziarah Dan Masyarakat Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo) Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2010. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) Deskripsi tentang keadaan geografis dan keadaan fisik Makam Bumi Arum Majasto. (2) Pengaruh Makam Bumi Arum Majasto terhadap kehidupan sosial peziarah dan masyarakat Desa Majasto. (3) Pengaruh Makam Bumi Arum Majasto terhadap kehidupan religi peziarah dan masyarakat Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Sejalan dengan tujuan diadakan penelitian tersebut maka dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan bersifat purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Validitas data yang digunakan ialah trianggulasi yaitu trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan pada hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan: (1). Makam Bumi Arum Majasto terletak di Desa Majasto Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Makam Bumi Arum Majasto adalah tempat pemakaman umum (TPU) desa Majasto. Makam tersebut adalah makam yang tanahnya tidak berbau sehingga disebut denga Makam Bumi Arum Majasto. Makam Bumi Arum Majasto banyak dikunjungi peziarah karena adanya makam Kyai Sutawijaya (2). Pengaruh Makam Bumi Arum Majasto terhadap kehidupan sosial masyarakat Desa Majasto dan peziarah: (a). Bagi masyarakat Majasto dalam bidang sosial bermasyarakat adalah dapat memupuk persatuan antar warga sehingga lebih luwes dalam menjalankan kehidupan bersosialnya. (b). Dalam bidang ekonomi keberadaan Makam Bumi Arum Majasto blim dirasakan oleh masyarakat karena pihak makam tidak memberikan izin kepada warga masyarakat desa Majasto untuk berdagang di sekitar komplek makam Bumi Arum Majasto. (c). Bagi peziarah keberadaan Makam Bumi Arum Majasto memiliki pengaruh terhadap kehidupan sosialnya, karena dengan kedatangannya mengunjungi makam berharap akan mendapat berkah yang berlebih bagi kehidupan sosial dan ekonominya. (3). Pengaruh Makam Bumi Arum Majasto terhadap kehidupan religi masyarakat Desa Majasto dan peziarah: (a). Bagi peziarah keberadaan Makam Bumi Arum Majasto memiliki pengaruh terhadap kehidupan religinya yaitu dengan mengunjungi Makam Bumi Arum Majasto maka segala hal yang dicita-citakannya akan cepat terkabul setelah memohon dan berdoa di Makam Eyang Ageng Sutawijaya. (b). Bagi masyarakat Majasto keberadaan Makam Bumi Arum Majasto berpengaruh terhadap kehidupan religinya, karena semasa hidupnya Eyang Ageng Sutawijaya adalah penyebar agama Islam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 20 Aug 2013 23:08
    Last Modified: 20 Aug 2013 23:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10180

    Actions (login required)

    View Item