KAJIAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KERIS DAN KACAMATA DI ALUN-ALUN UTARA KERATON KASUNANAN HADININGRAT KOTA SURAKARTA TAHUN 2010

KUSUMANINGTYAS, RATIH (2010) KAJIAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KERIS DAN KACAMATA DI ALUN-ALUN UTARA KERATON KASUNANAN HADININGRAT KOTA SURAKARTA TAHUN 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1948Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kondisi sosial dan ekonomi dari pedagang Kacamata dan Keris/souvenir/kerajinan di Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Hadiningrat Kota Surakarta. Ruang lingkup penelitian ini adalah bagian dari Pasar Kliwon yang berlokasi di timur Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Hadiningrat Kota Surakarta dengan metode analisis deskripsi, uji mean, dan uji korelasi yang menggunakan semua anggota populasi sebagai responden. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan dari uji mean bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada modal, pendapatan, dan jam kerja perhari. Sedangkan lama usaha, usia, dan tingkat pendidikan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada uji korelasi dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif antara pendapatan dengan modal, dan pendapatan dengan pendidikan, serta terdapat hubungan yang negatif antara pendapatan dengan lama usaha, pendapatan dengan jumlah kios, pendapatan dengan usia, dan pendapatan dengan jam kerja. Dari kesimpulan yang dihasilkan, maka dapat diberikan saran antara lain agar Pasar Keris/Souvenir/Kerajinan dan Kacamata ini dimasukkan ke dalam daftar promosi pariwisata Kota Surakarta guna meningkatkan pendapatan pedagang pada waktu tertentu, pada pedagang yang memiliki pendapatan lebih rendah untuk meningkatkan modal dan jam kerja agar tidak terjadi perbedaan pendapatan yang sangat mencolok antar pedagang kacamata dan keris/souvenir/kerajinan, mengingat ada hubungan yang positif antara modal dengan pendapatan, maka hendaknya diberikan kredit modal guna meningkatkan pendapatan pedagang, dan hendaknya pedagang di pasar keris dan kacamata ini sadar akan pentingnya pendidikan karena akan mempengaruhi cara kerja mereka yang akan mempengaruhi pendapatan mereka.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 20 Aug 2013 23:06
    Last Modified: 20 Aug 2013 23:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10179

    Actions (login required)

    View Item