PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR SEDERHANA

Puspitosari, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR SEDERHANA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1650Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar sederhana pada siswa kelas III SDN Madegondo 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010 melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Langkah dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Madegondo 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo sebanyak 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menghitung luas bangun datar sederhana. Hal ini ditunjukkan adanya (1) peningkatan nilai rata-rata kelas, yakni sebelum tindakan sebesar 55, pada siklus I menjadi 64,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,9; (2) peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari sebelum tindakan 45,4%, siklus I 63,6%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,8%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar sederhana pada siswa kelas III SDN Madegondo 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 845 not found.
    Date Deposited: 20 Aug 2013 22:43
    Last Modified: 20 Aug 2013 22:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10172

    Actions (login required)

    View Item