Peningkatan keterampilan menulis teks pidato melalui “experiential learning“ pada siswa kelas v SD Negeri 1 Taruban Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009/2010

Sunarti, (2009) Peningkatan keterampilan menulis teks pidato melalui “experiential learning“ pada siswa kelas v SD Negeri 1 Taruban Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (655Kb)

    Abstract

    Sunarti 2009. NIM : X8906530 Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Melalui “Experiential Learning “ Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Taruban Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan dikelas V SD Negeri 1 Taruban, Nogosari, Kabupaten Boyolali pada bulan Juli sampai dengan Desember 2009. Sasaran peneliti ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Taruban, Nogosari, Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, diskusi, angket Teknik Analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan diskripsikan dan dianalisi kemudian ditarik suatu simpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus I dua kali pertemuan, siklus II satu kali pertemuan, Siklus II satu kali pertemuan, masing-masing siklus dirangcang dan di laksanakan dengan langkah-langkah (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observasi), (4) Refleksi (reflecting), (5) hasil tindakan serta evalusi. Setiap siklus dilakukan penelitian dan evaluasi guna mengetahui tingkat keberhasilan siklus tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran melalui pengalaman (Experiential Learning) kegiatan pembelajaran siswa mengalami peningkatan. Selain itu keterampilan menulis teks pidato menunjukkan hasil yang melampaui Kriteria Ketulusan Minimal (KKM), yaitu rata-rata 6,87 pada siklus I, termasuk pada kategori cukup dan 7,23 pada siklus II termasuk pada kategori baik. Pencapaian perolehan nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II dapat dikatakan baik. Secara kuantitatif dapat dinyatakan bahwa dari 30 siswa yang menjadi sasaran penelitian dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pidato 26 siswa atau 86,66%. Namun demikian peningkatan kualitas proses pembelajaran masih harus ditingkatkan guna pencapaian perolehan hasil pembelajaran yang lebih baik di masa-masa yang akan datang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 845 not found.
    Date Deposited: 20 Aug 2013 22:30
    Last Modified: 20 Aug 2013 22:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10160

    Actions (login required)

    View Item