ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN SENTRA KERAJINAN LOGAM DI KECAMATAN CEPOGO, KABUPATEN BOYOLALI, PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN 2009

Hesti, (2010) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN SENTRA KERAJINAN LOGAM DI KECAMATAN CEPOGO, KABUPATEN BOYOLALI, PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1445Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel modal usaha, jumlah tenaga kerja, pengalaman usaha, dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan pengrajin logam di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Diduga variabel modal usaha, jumlah tenaga kerja, pengalaman usaha dan tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pengrajin di sentra kerajinan logam Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari sebuah hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner serta pengamatan langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 60 pengrajin logam dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan pengujian statistik dengan bantuan program E-views 3.0. Dalam menganalisis digunakan teknik analisis regresi linier, dengan uji statistik (uji t, uji F, koefisien determinasi (R2), serta uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi). Hasil penelitian menunjukkan dengan uji terhadap koefisien regresi secara parsial (uji t) dengan α = 5% menunjukan dua variabel tenaga kerja dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pengrajin logam sedangkan variabel modal usaha dan pengalaman usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Hasil Uji F dengan α = 5% menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel modal usaha, jumlah tenaga kerja, pengalaman usaha, tingkat pendidikan berpengaruh terhadap pendapatan pengrajin logam di kecamatan Cepogo, kabupaten Boyolali, propinsi Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan: pendapatan pengrajin logam dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan menambah jumlah tenaga kerja dan meningkatkan tingkat pendidikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 20 Aug 2013 22:26
    Last Modified: 20 Aug 2013 22:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10154

    Actions (login required)

    View Item