Peningkatan prestasi belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI ( PTK pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009/2010)

Kustiyaningsih, Dewi (2009) Peningkatan prestasi belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI ( PTK pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009/2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (167Kb)

    Abstract

    Dewi Kustiyaningsih, NIM X8906505. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 LEMAHIRENG KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Laporan Penelitian Tindakan Kelas , Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember2009. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Lemahireng. Dalam pengumpulan data , metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pendekatan kontekstual pada kelas VI SD Negeri 2 Lemahireng, dengan jumlah siswa sebanyak 27 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebelum tindakan hanya 48,15 % siswa belajar tuntas setelah tindakan menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa Kelas VI SD Negeri 2 Lemahireng tahun pelajaran 2009/2010. Kata Kunci : Peningkatkan, Prestasi Belajar, Pendekatan Kontekstual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 20 Aug 2013 22:24
    Last Modified: 20 Aug 2013 22:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10149

    Actions (login required)

    View Item