UJ SITOTOKSIK ISOLAT 1 DAN 2 RUMPUT MUTIARA (Hedyotis corymbosa (L.) Lamk.) TERHADAP SEL KANKER PAYUDARA T47D DAN SERVIKS HeLa

Ariyani, Astri (2011) UJ SITOTOKSIK ISOLAT 1 DAN 2 RUMPUT MUTIARA (Hedyotis corymbosa (L.) Lamk.) TERHADAP SEL KANKER PAYUDARA T47D DAN SERVIKS HeLa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2006Kb)

    Abstract

    Kanker merupakan penyebab kematian yang sering terjadi. Di Indonesia, penyakit ini menduduki peringkat kelima penyebab kematian, bahkan di negara- negara maju, kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian yang menduduki peringkat nomor dua (Anonim, 2008). Penyakit kanker yang sering ditemui terutama pada wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks. Sel kanker penyebab terjadinya kanker serviks dan payudara yang sering ditemui adalah sel HeLa dan T47D. Berbagai pengobatan yang dilakukan untuk mengobati penyakit kanker yang diakibatkan oleh sel HeLa dan T47D telah banyak dilakukan tetapi pengobatan kanker yang efektif dan efisien hingga saat ini belum ditemukan (Sugiyanto et al., 2003). Berbagai upaya penyembuhan telah dilakukan untuk melawan kanker seperti pembedahan, penyinaran, kemoterapi, dan imunoterapi. Namun, dari masing-masing cara pengobatan tersebut masih memiliki kelemahan (Hoffman, 1999). Salah satu contoh pengobatan yang sering dilakukan adalah penggunaan kemoterapi antikanker. Pengobatan ini belum dapat memberikan hasil yang optimal karena bekerja tidak spesifik pada sel sehingga dapat merusak sel-sel normal. Selain itu, pengobatan seperti pembedahan atau pengangkatan kanker pada umumnya tidak efektif lagi. Pengobatan ini hanya berlaku untuk sel kanker yang belum mengalami metastasis sedangkan penyinaran, sering kali tidak selektif dan tidak aman untuk sel-sel normal (Supardjan dan Meiyanto, 2002).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 20 Aug 2013 21:40
    Last Modified: 20 Aug 2013 21:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10110

    Actions (login required)

    View Item