PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V ( PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010)

Habsari, Noviana Dwi (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V ( PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (163Kb)

    Abstract

    Noviana Dwi Habsari, NIM X8906517.PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LEMAHIRENG KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Elektronik Tugas Akhir , Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember2009. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Lemahireng. Dalam pengumpulan data , metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pendekatan kontekstual pada kelas V SD Negeri 2 Lemahireng, dengan jumlah siswa sebanyak 24 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebelum tindakan hanya 45,83 % siswa belajar tuntas setelah tindakan menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Lemahireng tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 20 Aug 2013 21:35
    Last Modified: 20 Aug 2013 21:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10106

    Actions (login required)

    View Item