Habsari, Noviana Dwi (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V ( PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.
![]() | PDF - Published Version Download (163Kb) |
Abstract
Noviana Dwi Habsari, NIM X8906517.PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LEMAHIRENG KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Elektronik Tugas Akhir , Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember2009. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Lemahireng Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Lemahireng. Dalam pengumpulan data , metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pendekatan kontekstual pada kelas V SD Negeri 2 Lemahireng, dengan jumlah siswa sebanyak 24 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebelum tindakan hanya 45,83 % siswa belajar tuntas setelah tindakan menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Lemahireng tahun pelajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Yahya Kipti |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 21:35 |
Last Modified: | 20 Aug 2013 21:35 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10106 |
Actions (login required)
View Item |