TINJAUAN HUKUM PIDANA TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA TENTANG TERJADINYA PERKAWINAN ANAK DI BAWAH UMUR ( Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Ambarawa )

Aji, Pandu Lesanpura (2010) TINJAUAN HUKUM PIDANA TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA TENTANG TERJADINYA PERKAWINAN ANAK DI BAWAH UMUR ( Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Ambarawa ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (361Kb)

    Abstract

    Manusia dalam proses perkembangannya untuk meneruskan jenisnya membutuhkan pasangan hidup yang dapat memberikan keturunan sesuai dengan apa yang diinginkannya. Perkawinan sebagai jalan untuk bisa mewujudkan suatu keluarga atau rumah tangga bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, hal ini dimaksudkan bahwa perkawinan itu hendaknya berlangsung seumur hidup dan tidak boleh berakhir begitu saja. Perkawinan pada umumnya dilakukan oleh orang dewasa dengan tidak memandang pada profesi, agama, suku bangsa, miskin atau kaya, tinggal di desa atau di kota. Sudah lebih dari satu dasawarsa Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan telah dilaksanakan secara nasional di Indonesia. Undang – Undang ini telah memberikan landasan atau dasar hukum dari sistem perkawinan di Indonesia. Hukum ini mencakup pihak-pihak, yakni Pemerintah dan aparaturnya, dan sisi lainnya adalah masyarakat Indonesia. Undang Undang Nomor 1 tahun 1974 telah menampung dengan semaksimal mungkin nilai-nilai perkawinan yang dihayati oleh bangsa Indonesia namun di lain pihak menampung pula unsur-unsur dan ketentuan hukum agama dan kepercayaan masyarakat yang berhubungan dengan perkawinan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Users 845 not found.
    Date Deposited: 20 Aug 2013 21:21
    Last Modified: 20 Aug 2013 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10099

    Actions (login required)

    View Item