PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI KARANGASEM 1 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

RUFAIDA, ALVANY (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI KARANGASEM 1 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1134Kb)

    Abstract

    Menurut Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kpribadian, kecerdasan, ahklak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (Depkinas, 2003: 4). Dari pengertian di atas telah jelas bahwa pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan potensi atau kualitas individu. Semakin baik proses pendidikan yang diselenggarakan maka semakin baik pula hasil yang dicapai. Pendidikan sudah mulai diprioritaskan sejak masa Yunani kuno. Tokoh-tokoh pendidikan antara lain adalah Sokrates, Plato, dan Aristoteles. Mereka adalah para filsuf yang menguasai berbagai macam ilmu termasuk ilmu pendidikan. Pendidikan yang dilakukan pada era filsuf Yunani kuno adalah menggunakan metode ceramah, yaitu sebuah metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru aktif menjelaskan sebuah pengetahuan dari awal sampai tuntas, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang dikatakan oleh sang guru. Metode ini pernah berjaya di abad ke-5 Masehi, yaitu pada zaman para filsuf Yunani kuno yang memandang dan menggunakan metode ceramah sebagai suatu cara yang paling baik untuk mengemukakan pikiran. Metode ini telah berhasil menghasilkan para cendikiawan dan orang-orang hebat, namun seiring perkembangan zaman yang serba menuntut keterampilan, penggunaan metode yang hanya berpusat pada guru sudah tidak efektif lagi dan hasilnya siswa menjadi pasif. Untuk itu diperlukan adanya perubahan menuju kualitas pendidikan yang lebih baik, hal ini sering disebut dengan inovasi pendidikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 845 not found.
    Date Deposited: 20 Aug 2013 21:13
    Last Modified: 20 Aug 2013 21:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10094

    Actions (login required)

    View Item