HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN KEPATUHAN JADWAL PENYUNTIKAN ULANG DI RUMAH BERSALIN AN NISSA SURAKARTA

Pujiati, Ninik (2009) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN KEPATUHAN JADWAL PENYUNTIKAN ULANG DI RUMAH BERSALIN AN NISSA SURAKARTA. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN KEPATUHAN JADWAL PENYUNTIKAN ULANG DI RUMAH BERSALIN AN NISSA SURAKARTA. pp. 1-74.

[img] PDF - Published Version
Download (337Kb)

    Abstract

    Ninik Pujiati, R0105060, 2009. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN KEPATUHAN JADWAL PENYUNTIKAN ULANG DI RUMAH BERSALIN AN NISSA SURAKARTA. DIV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Program pelayanan keluarga berencana mempunyai arti penting dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. Keluarga yang berkualitas adalah yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggung jawab, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kontrasepsi suntik memiliki efektifitas yang tinggi bila penyuntikannya dilakukan secara teratur dan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang kontrasepsi suntik Depo Medroksi Progesteron Acetate, mengetahui tingkat kepatuhan jadwal penyuntikan ulang dan mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kontrasepsi suntik dengan kepatuhan jadwal penyuntikan ulang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian observasional analitik dengan cara cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Estimasi besar sampel adalah 50 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada akseptor yang melakukan kunjungan ulang di Rumah Bersalin An Nissa Surakarta pada bulan Juli 2009. Uji analisis yang digunakan adalah chi square. Hasil penelitian menunjukkan nilai x2 hitung sebesar 6,614 > x2 tabel = 3,841 dan nilai p= 0,024 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang kontrasepsi suntik dengan kepatuhan jadwal penyuntikan ulang artinya semakin tinggi tingkat pengetahuan maka tingkat kepatuhan untuk melakukan penyuntikan ulang sesuai jadwal juga semakin baik. Kata kunci : Pengetahuan, Kontrasepsi Suntik, Kepatuhan.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 20 Aug 2013 07:29
    Last Modified: 20 Aug 2013 07:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10038

    Actions (login required)

    View Item