PERBEDAAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN SENAM HAMIL

DEWI, ENDAH RETNO (2009) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN SENAM HAMIL. PERBEDAAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN SENAM HAMIL, 64. pp. 1-64.

[img] PDF - Published Version
Download (377Kb)

    Abstract

    Endah Retno Dewi, R0105017, Perbedaan Hasil Belajar Psikomotorik Penggunaan Metode Demonstrasi dan Metode Audiovisual pada Pembelajaran Senam Hamil Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009. Metode mengajar memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Pada pembelajaran senam hamil dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat sehingga pemahaman aplikasi dari pokok bahasan yang disampaikan dapat dicapai oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar psikomotorik antara penggunaan metode demonstrasi dan metode audiovisual pada pembelajaran senam hamil. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental dengan pendekatan posttest dan uji statistik yang digunakan adalah ‘t-test’. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri semester II. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, dengan kriteria inklusi. Pengelompokkan sampel dilakukan dengan cara random. Dari 40 sampel dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing 20 responden untuk kelompok demonstrasi dan 20 responden untuk kelompok audiovisual. Masing-masing kelompok diberi perlakuan, untuk kelompok demonstrasi mendapat metode demonstrasi dan untuk kelompok audiovisual mendapat perlakuan metode audiovisual. Setelah kedua kelompok mendapat perlakuan kemudian dilakukan posttest. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik ‘t-test’ menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara metode demonstrasi dan metode audiovisual. Hal tersebut terlihat dari hasil pengukuran posttest pada metode demonstrasi menunjukkan nilai mean sebesar 90,10 sedangkan pada metode audiovisual menunjukkan nilai mean sebesar 79,60. Hasil uji t didapatkan thitung > ttabel (6,528 > 2,093) dan secara statistik bermakna (p < 0,05). Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan belajar psikomotorik penggunaan metode demonstrasi dan metode audiovisual pada pembelajaran senam hamil. Metode demonstrasi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik daripada metode audiovisual. Kata Kunci : metode demonstrasi, metode audiovisual, hasil belajar, pembelajaran senam hamil

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 20 Aug 2013 07:24
    Last Modified: 20 Aug 2013 07:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10037

    Actions (login required)

    View Item