STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SIMPAN PINJAM PADA KUD (KOPERASI UNIT DESA) MOJOSONGO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI

EKAWATI, TITIK (2010) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SIMPAN PINJAM PADA KUD (KOPERASI UNIT DESA) MOJOSONGO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1006Kb)

    Abstract

    Titik Ekawati. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SIMPAN PINJAM PADA KUD (KOPERASI UNIT DESA) MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui strategi yang digunakan dalam pengembangan usaha simpan pinjam (2) Mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pengembangan usaha simpan pinjam (3) mengetahui upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan-hambatan yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskrepsi kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tenik observasi, teknik wawancara, dan teknik dekumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalah dengan mengunakan model interaktif. Sedangkan valilditas data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik trainggulasi data dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang diterapkan untuk mengembangkan usaha simpan pinjam dirumuskan dalam strategi-strategi berikut:progam penyehatan industri unit usaha koperasi melalui peningkatan aspek permodalan, penyempurnaan, sistem pengaturan dan pengawasan unit usaha koprasi berupa penilian tingkat kesehatan, peningkatan efektivitas dalam mematuhi peraturan yang berlaku, serta seleksi anggota baru, dan dukungan infrastruktur yang meliputi training, teknologi informasi serta linkage progam .(2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan strategi-strategi tersebut adalah kurangnya permodalan dan adanya kredit macet.(3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala diatas adalah dengan dengan mencari bantuan kredit lunak kepada lembaga yang berwenag dengan sistem pembayaran angsuran, mengadakan panggilan kepada debitur untuk ditegur apabila tidak ada respon maka para pengurus dan karyawan terjun secara langsung ke lapangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 19 Aug 2013 22:11
    Last Modified: 19 Aug 2013 22:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10030

    Actions (login required)

    View Item