KEMAMPUAN IMAJINASI ANAK USIA DINI SEBAGAI SUMBER IDE PEMBUATAN KARYA TEKSTIL (Berupa Mainan Edukatif dengan Konsep Warna Dalam Bentuk)

SULISTIYOWATI, AMIN (2009) KEMAMPUAN IMAJINASI ANAK USIA DINI SEBAGAI SUMBER IDE PEMBUATAN KARYA TEKSTIL (Berupa Mainan Edukatif dengan Konsep Warna Dalam Bentuk). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (998Kb)

    Abstract

    Setiap orang ingin memiliki anak yang cerdas karena kecerdasan adalah modal penting bagi si anak untuk mengarungi kehidupan. Generasi yang cerdas diharapkan dapat menjadi tonggak kemajuan bangsa. Hal ini pula yang menjadi tanggung jawab orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anak. Adapun definisi kecerdasan intelegensi menurut David Wechsler adalah kemampuan bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif . Secara garis besar intelegensi adalah kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional ( Sri widayati dan Utami Widijati, 2008:2 ). Oleh karena itu intelegensi tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan perwujudan dari proses berpikir rasional. Selain pengetahuan anak juga memerlukan permainan dan tempat bermain. Anak memerlukan variasi permainan untuk kesehatan fisik, mental dan perkembangan emosinya. Melalui bermain, anak tidak hanya menstimulasi pertumbuhan otot-ototnya, tetapi lebih dari itu. Anak tidak sekedar melompat, melempar, atau berlari. Tetapi mereka bermain dengan menggunakan seluruh emosinya, perasaan dan pikiran. Kesenangan merupakan salah satu elemen pokok dalam bermain. Anak akan bermain sepanjang aktifitas tersebut menghiburnya. Pada saat mereka bosan, mereka akan berhenti bermain. Bermain bukan berarti membuang – buang waktu, juga bukan berarti membuat si anak menjadi sibuk sementara orang tuanya mengerjakan pekerjaannya sendiri. Tetapi melalui bermain anak akan mendapatkan pengalaman hidup yang nyata. Dengan bermain anak akan menemukan kekuatan serta kelemahannya sendiri, minatnya, cara menyelesaikan tugas – tugas dalam bermain, dll. Dari kebiasaan putri kecil penulis ini, bisa jadikan sumber ide untuk pembuatan karya tekstil. Dari beberapa kebiasaan yang tertulis mulai usia 12 bulan ada saat yang sangat menonjol untuk dijadikan sumber ide dalam tugas akhir ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Kriya Seni
    Depositing User: Users 851 not found.
    Date Deposited: 19 Aug 2013 20:18
    Last Modified: 19 Aug 2013 20:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10001

    Actions (login required)

    View Item