MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES

Sudarisman, Suciati (2010) MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES. MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES .

[img] PDF - Published Version
Download (362Kb)

    Abstract

    Fenomena merosotnya nilai-nilai perilaku masyarakat yang diaktualisasikan melalui kecenderungan perilaku non-edukatif semakin memprihatinkan, seperti: kekerasan, anarkhis, pornografi, korupsi, aksi terorisme, hingga berbagai modus kejahatan melalui sistem teknologi informasi. Hal ini mengindikasikan bahwa upaya pembangunan karakter melalui pengembangan nilai-nilai etika yang diintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah belum berhasil, masih banyak guru di berbagai jenjang pendidikan mengajar biologi dengan metode ceramah, tekstual dan kurang berbasis proses ilmiah. Salah satu faktor penyebabnya karena pemahaman guru yang kurang benar terhadap biologi itu sendiri, akibatnya biologi belum diajarkan sesuai dengan hakikat pembelajarannya yang mengacu pada proses dan produk melainkan hanya sebagai produk (content). Pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses merupakan pembelajaran yang mengembangkan berbagai keterampilan seperti: mengamati (observation), mengelompokkan (classification), menafsirkan (interpretation), meramalkan (prediction), mengajukan pertanyaan (question), berhipothesis (hipothesis), melakukan percobaan (experiment), mengkomunikasikan hasil percobaan (communication), sehingga peserta didik dapat memiliki pengalaman beraktivitas yang melibatkan keterampilan kognitif (minds on), keterampilan manual atau psikomotor (hands on) dan keterampilan sosial (hearts on). Melalui pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses diharapkan dapat dikembangkan berbagai sikap ilmiah seperti: kesabaran, kejujuran, ketelitian, rasa tenggang rasa, dll., yang merupakan modal dasar dalam membangunan karakter peserta didik. Namun, menerapkan pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses memerlukan dukungan kesiapan guru, baik dalam menentukan strategi maupun instrumen pembelajarannya. Kata kunci: Pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses, sikap ilmiah, karakter peserta didik.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:25
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1000

    Actions (login required)

    View Item