ANALISIS TARIF PENGIRIMAN BARANG DAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE EXPRESS) CABANG SOLO

Irviyanti, Ganis (2010) ANALISIS TARIF PENGIRIMAN BARANG DAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE EXPRESS) CABANG SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (221Kb)

    Abstract

    Dewasa ini sektor jasa telah mengalami peningkatan yang dramatis dibanding dekade sebelumnya, sehingga sektor ini memberikan kontribusi terhadap perekonomian dunia. Kontribusi ini dapat dilihat dari segi laba maupun kemampuannya menyerap sebagian besar pasokan tenaga kerja. Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, maka konsumsi akan kebutuhan barang juga meningkat baik kebutuhan primer maupun bukan primer. Begitu juga dengan kebutuhan untuk mengkonsumsi produk-produk jasa yang timbul dari kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan. Industri jasa cukup bervariasi sesuai dengan dinamika yang terjadi pada sektor jasa dapat dilihat dari perkembangan dari berbagai industri jasa, salah satunya adalah jasa pengiriman barang. Perkembangan teknologi informasi mendorong terjadinya perubahan terhadap perilaku yang serba instant, mobilitas tinggi, akses luas, dan kemudahan konsumsi atau belanja melalui jaringan e-business cenderung meningkat. Perubahan psikografis ini nampak jelas dari perilaku kelompok orang-orang dewasa yang bercirikan kreatif, menyukai hal-hal baru, dinamis, konsumtif, dan berorientasi teknologi. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi jasa-jasa pengiriman 2 yang ada salah satunya PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE EXPRESS) Cabang Solo dalam meningkatkan penjualannya. Penetapan harga merupakan keputusan kritis yang menunjang operasi organisasi profit maupun nonprofit. Harga merupakan satu- satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pendapatan bagi organisasi, maupun dapat menentukan seberapa jauh kualitas layanan jasa yang dinilai oleh konsumen dan proses pembangunan citra perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa terutama jasa pengiriman PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE EXPRESS) perlu menggunakan strategi penetapan harga agar mampu bersaing dengan perusahaan jasa ekspedisi lain. Namun, keputusan mengenai harga (terutama dalam konteks pemasaran jasa) tidak mudah dilakukan. Di satu sisi, harga yang terlalu mahal bisa meningkatkan laba jangka pendek, tetapi di sisi lain akan sulit dijangkau konsumen dan sukar bersaing dengan competitor. Dalam kasus tertentu, harga yang terlampau mahal bisa diprotes lembaga konsumen dan bahkan mengundang campur tangan pemerintah untuk menurunkannya. Selain itu, margin laba yang besar cenderung menarik para pesaing untuk masuk ke industri yang sama. Sedangkan bila harga murah, pangsa pasar bisa melonjak, namun margin kontribusi dan laba bersih yang diperoleh akan berkurang. Selain itu, sebagian konsumen bisa saja mempersepsikan kualitasnya jelek. 3 Nilai suatu jasa tidak ditentukan oleh harga, namun manfaatnya bagi pelanggan ketika mengkonsumsi jasa tersebut relatif terhadap biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh jasa tersebut, sehingga merasa puas setelah menggunakan jasa pengiriman barang JNE EXPRESS. Berbagai manfaat yang dimiliki oleh suatu produk jasa harus dibandingkan dengan berbagai biaya yang ditimbulkan dalam menggunakan layanan jasa tersebut. Kepuasan bauran harga berkenaan dengan kebijakan separti adanya tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan adanya perbandingan harga diantara berbagai kelompok pelanggan bagi produsen harga yaitu nilai jasa yang jadi penerimaan dari penjual jasa tersebut, sedangkan bagi konsumen harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan hal tertentu beserta pelayanannya. JNE EXPRESS bergerak dalam bidang jasa transportasi angkutan darat, laut dan udara yaitu pelayanan paket pengiriman dan distribusi barang atau sesuai surat kirim dari pengirim kepada penerimanya. Perusahaan jasa yang bergerak di bidang pengiriman barang, perencanaan dan kebijakan penetapan harga jasa kirim pada perusahaan sangatlah penting, mengingat Menurut Lupiyoadi (2001 : 87), menerangkan bahwa harga jasa adalah sejumlah uang (ditambah beberapa produk lain jika perlu) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari jasa pelayanan. 4 Oleh karena itu, JNE EXPRESS dalam menentukan tarif pengiriman barang harus memperhatikan selera costumer, jumlah pesaing yang memasuki pasar, dan harga jual pesaing. Mengingat suatu tingkat harga yang baik dapat memberikan pengaruh baik di dalam perekonomian maupun dalam perusahaan. Dari latar belakang di atas, maka penulis tertarik mengambil judul “ANALISIS TARIF PENGIRIMAN BARANG DAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE EXPRESS) CABANG SOLO”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 25 Jul 2013 12:39
    Last Modified: 25 Jul 2013 12:39
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9514

    Actions (login required)

    View Item