PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN DENGAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 GLINTANG KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011

Harmi, (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN DENGAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 GLINTANG KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2578Kb)

    Abstract

    Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah permainan dengan alat peraga kantong nilai dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Glintang, dan bagaimanakah bentuk permainan dengan alat peraga kantong nilai guna meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan penguranganpada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Glintang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui permainan dengan alat peraga kantong nilai pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Glintang, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 1 Glintang, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, dengan jumlah 11 orang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus ada 4 tahap yaitutahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumen, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktifyang mencakup tiga kegiatan yaitu mereduksi data, membuat display data, dan membuat simpulan atau verifikasi. Bentuk atau cara penggunaan permainan dengan menggunakan permainan dengan alat peraga kantong nilai adalah bila pengerjaannya penjumlahan, maka guru tinggal memasukkannya ke dalam kantong sesuai dengan nilai tempatnya dan menjumlahkan suku-sukunya. Sedangkan pada pengerjaan pengurangan kita memasukkan manik-manik terlebih dahulu ke dalam kantong nilai dan mengambilnya sesuai dengan angka pengurangannya. Melalui penerapan permainan dengan alat peraga kantong nilai ini, siswa menjadi lebih aktif, lebih menguasai kemampuan berhitung, siswa dapat memanipulasi benda nyata, dan siswa merasa senang dalam mengikuti mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa melalui permainan dengan alat peraga kantong nilai dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Glintang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I nilai rata-rata siswa adalah 61,36 dengan prosentase ketuntasan 59,10%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 71,36 dengan prosentase ketuntasan 81,82%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 22 Jul 2013 11:14
    Last Modified: 22 Jul 2013 11:14
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8040

    Actions (login required)

    View Item