UPAYA MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI SAREN 1 KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Yani, Fajar Ahmad (2011) UPAYA MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI SAREN 1 KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (364Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi alat bantu pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas 4 SD Negeri Saren 1 Kalijambe Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/ 2011 berjumlah 22 orang yang terbagi atas 7 siswa putra dan 15 siswa putri. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan pengukuran kemampuan lompat jauh gaya jongkok dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi planning, acting, observasi dan reflecting. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan b ahwa dengan modifikasi alat bantu pembelajaran pendidikan jasmani dapat mengoptimalkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas 4 SD Negeri Saren 1 Kalijambe Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada kondisi awal (1.89 %), siklus I (2.37 %) dan siklus II (2.48 %), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus II sebesar (0,12 %). Nilai ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal (60.78 %), siklus I (68.10 %) dan siklus II (73.55 %), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus II sebesar (12.77 %).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 18 Jul 2013 12:16
    Last Modified: 18 Jul 2013 12:16
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6796

    Actions (login required)

    View Item