PROFESI PENDIDIK DALAM PANDANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi

Juwanita, Ika Riba (2010) PROFESI PENDIDIK DALAM PANDANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (507Kb)

    Abstract

    Ika Riba Juwanita, NIM X8406008, PROFESI PENDIDIK DALAM PANDANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNS). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pandangan mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi tentang profesi pendidik, (2) Mendeskripsikan eksistensi profesi pendidik di masyarakat menurut pandangan mahasiswa, (3) Mendeskripsikan profil pendidik ideal menurut pandangan mahasiswa, (4) Mendeskripsikan alasan mahasiswa dalam memandang profesi pendidik. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus tunggal terpancang. Sumber data diperoleh dari subyek penelitian sebagai berikut: (1) informan/nara sumber, yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi; (2) peristiwa/aktivitas, yaitu aktifitas mahasiswa di kampus ketika berdiskusi atau membicarakan tentang profesi pendidik; (3) tempat/lokasi, yaitu lokasi yang merujuk pada aktivitas mahasiswa yakni di lingkungan kampus FKIP UNS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in depth interviewing), observasi secara langsung dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan standar kredibilitas, standar transferabilitas, standar dependabilitas dan standar konfirmabilitas. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Pandangan mahasiswa tentang profesi pendidik yaitu profesi pendidik adalah profesi yang mulia, profesi pendidik adalah profesi sumber dari segala profesi, profesi pendidik adalah profesi yang multidimensional, profesi pendidik adalah profesi yang terpinggirkan, profesi pendidik adalah profesi yang rawan “tercemar”, profesi pendidik adalah profesi alternatif dalam mencari pekerjaan; (2) Profil pendidik ideal menurut pandangan mahasiswa adalah pendidik yang profesional, pendidik yang loyal dan berdedikasi, pendidik yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, pendidik yang sabar dan sayang anak didik, pendidik yang berkarakter kuat dan cerdas, pendidik yang tidak egois, (3) Eksistensi profesi pendidik di masyarakat menurut pandangan mahasiswa adalah pendidik sebagai guru masyarakat, pendidik sebagai penggerak potensi, pendidik sebagai penengah konflik, pendidik sebagai pencipta budaya; (4) Alasan mahasiswa memiliki pandangan demikian tentang profesi pendidik adalah profesi pendidik merupakan profesi yang mulia karena bekal setiap generasi ada di tangan pendidik yang mengabdi tanpa tanda jasa, profesi pendidik merupakan sumber dari segala profesi karena pendidik mengajar anak didik yang akan menjadi berbagai macam profesi, profesi pendidik itu multidimensional karena tugas dan tanggungjawabnya sangat kompleks meliputi tugas mendidik, tugas kemanusiaan dan tugas kemasyarakatan, profesi pendidik itu terpinggirkan karena kurang diperhatikan oleh pemerintah dibanding profesi lain, profesi pendidik merupakan profesi yang rawan “tercemar” karena banyak orang yang tidak memenuhi kualifikasi sebagai guru namun menjadi dan atau dijadikan guru, profesi pendidik merupakan alternatif dalam mencari pekerjaan karena dianggap memiliki syarat yang relatif mudah. Kata kunci: profesi pendidik, pandangan, mahasiswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 18 Jul 2013 10:17
    Last Modified: 18 Jul 2013 10:17
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6424

    Actions (login required)

    View Item