UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PERMAINAN DUA WARNA BAGI SISWA KELAS IV SLB C SHANTI YOGA KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011

YUPITA, NURMA (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PERMAINAN DUA WARNA BAGI SISWA KELAS IV SLB C SHANTI YOGA KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (655Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada sub pokok penjumlahan bilangan bulat setelah menerapkan permainan dua warna siswa kelas IV SLB C Shanti Yoga Klaten tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini berbentuk Classroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan kegiatan pembelajaran berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Subyek yang memperoleh perlakuan adalah siswa tunagrahita kelas IV SLB C Shanti Yoga Klaten yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi yang diterapkan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai antar siklus dengan indikator pencapaian. Data kuantitatif ini ditampilkan melalui tabel dan grafik untuk membandingkan antara hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus I perolehan ketuntasan hasil belajar sebanyak 4 dari 7 siswa atau sebesar 57,1%. Hasil tindakan siklus II ditemukan peningkatan prestasi belajar siswa dengan perolehan ketuntasan hasil belajar sebanyak 6 dari 7 siswa atau sebesar 85,7%. Keberhasilan tindakan berdasarkan indikator ketercapaian terjadi pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan permainan dua warna dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan penjumlahan bilangan bulat bagi siswa kelas IV SLB C Shanti Yoga Klaten tahun ajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 17 Jul 2013 23:37
    Last Modified: 17 Jul 2013 23:37
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6082

    Actions (login required)

    View Item