HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWANTORO 2009/2010

Oktarina, Lindha Pradhipti (2010) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWANTORO 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (795Kb)

    Abstract

    Lindha Pradhipti Oktarina, HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWANTORO 2009/2010. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara : (1) Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Sosiologi, (2) Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi, (3) Pola Asuh Orang Tua dan kediplisipinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas XI SMA Negeri 1 Purwantoro. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode diskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwantoro 2009/2010, sebanyak 120 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 25% dari keseluruhan populasi yaitu sebanyak 30 siswa yang terbagi atas 3 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket sebagai teknik pokok, teknik dokumentasi dan wawancara sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi ganda dengan bantuan komputer seri program statistik ( SPS-2000 ) edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar sosiologi siswa, dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan Rx y = 0,405 dan p = 0,025 dimana p < 0,05 dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 16,417% dan Sumbangan Relatif (SR) = 96,532% . Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar sosiologi siswa” dapat diterima. (2) Ada hubungan yang cukup signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan Rx y = 0,316 dan p = 0,086 dimana p < 0,15 dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 0,590% dan Sumbangan Relatif (SR) = 3,468%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan yang cukup signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa” dapat diterima. (3) Ada hubungan yang cukup signifikan antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa dengan Rx 1 x 2 2 y = 0,412 dan p = 0,079 dimana p < 0,15. Jadi hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa” dapat diterima. Lindha Pradhipti Oktarina, NIM: K 8406030 The Corelation Between Parenting and Learning Discipline To Learning Achievement Of Sociologi Subject in Grade XI Students Of SMA Negeri 1 Purwantoro in The Academic Year Of 2009/2010. thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2010. This research is aimed to find out: (1) The relationship of parenting and learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010. (2) The relationship of learning discipline and learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010. (3) The relationship of parenting and learning discipline to learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010. Based on the problems and the aims, so this research used correlational discriptive metode. The population of research was entire grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in the academic year of 2009/2010, as many as 120 students. The sample taken amounts 25% from the population was 30 students by using a simple random sampling technique. The main metode to collecting data used test and questionare metode, the auxiliary metodes were documentation and interview. The analysis data was inferentional correlation approach with multiple regression analysis technique. Based on the result of analysis it can be stated that (1) There is a positive relationship between parenting with learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010 based on the calculation obtains rx y = 0,405 and p= 0,025 where p < 0,05. .Effective Contribution is 16,417% and Relative Contribution is 96,532%. Thus, the hypotesis of the positive relationship of parenting to learning achievement sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010, can be accepted. (2) There is a positive relationship learning discipline with learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010 based on the calculation obtains rx 2 1 y = 0,316 and p=0,086 where p < 0,15. Effective Contribution is 0,590% and Relative Contribution is 3,468%. Thus, the hypotesis of the positive relationship of learning discipline to learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010, can be accepted. (3) There is a positive relationship parenting and learning discipline with learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in academic year of 2009/2010 based on the calculation obtains Rx 1 x y = 0,412 dan p = 0,079 where is p < 0,15. Thus, the hypotesis of the positive relationship of parenting and learning discipline with learning achievement of sociologi subject in grade XI students of SMA Negeri 1 Purwantoro in grade year of 2009/2010, can be accepted. 2

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 15 Jul 2013 10:30
    Last Modified: 15 Jul 2013 10:30
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4600

    Actions (login required)

    View Item