PENERAPAN PEMBELAJARAN BINA DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS III SLB-C BINA TARUNA MANISRENGGO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ENDARYATI, ENDARYATI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN BINA DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS III SLB-C BINA TARUNA MANISRENGGO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (88Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tuna Grahita Kelas III SLB/C Bina Taruna Manisrenggo Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu mengajak, dengan penekanan pada peningkatan subyek penelitian ini adalah siswa kelas III semester II (dua) SLB/C Bina Taruna Klaten Manisrenggo Tahun Pelajaran 2008/2009. Teknik analisa data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi awal nilai kemandirian siswa TRJ sebesar 50, YNR sebesar 50 dan NRHYT sebesar 40. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu TRJ sebesar 60, YNR sebesar 60 dan NRHYT sebesar 50. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu TRJ sebesar 70, YNR sebesar 70, YNR sebesar 70 dan NHRYT sebesar 60. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan kemandirian anak tuna grahita melalui pembelajaran bina diri kelas III SLB/C Bina Taruna Manisrenggo Tahun Pelajaran 2008/2009 teruji kemandiriannya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 11:58
    Last Modified: 14 Jul 2013 11:58
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3861

    Actions (login required)

    View Item