SISTEM PENJUALAN SEPEDA MOTOR PADA PT. RAMAYANA SOLO MANDIRI DI SUKOHARJO

PURWANTI, DWI (2006) SISTEM PENJUALAN SEPEDA MOTOR PADA PT. RAMAYANA SOLO MANDIRI DI SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (635Kb)

    Abstract

    Penjualan merupakan bagian dari pemasaran yang menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Dengan penjualan perusahaan dapat mencapai tujuannya seperti untuk mendapatkan laba dan untuk berkembang. Untuk mencapai tujuannya, perusahaan harus bisa mempertahankan dan meningkatkan volume penjualan harus mengetahui masalah-masalah yang menghambat proses penjualan dan berusaha untuk mengatasinya guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur penjualan yang dilakukan oleh Dealer PT. Ramayana Solo Mandiri dalam memasarkan barang dan jasanya. Yang berupa jasa reparasi. Dan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh Dealer PT. Ramayana Solo Mandiri dalam melakukan penjualan. Penelitian ini dilakukan di Dealer PT. Ramayana Solo Mandiri Jl. Jendral Sudirman 133 Sukoharjo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan pimpinan dan karyawan Dealer PT. Ramayana Solo Mandiri, sedangkan data sekunder diperoleh dari intern perusahaan yang berupa dokumen yang telah disusun sebelumnya. Teknik penganalisaan data yang digunakan adalah analisa deskriptif, yaitu menganalisa data dengan cara membuat gambaran yang benar dan terpercaya sehubungan dengan obyek yang diteliti, masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah sistem dan prosedur penjualan kendaran motor dengan merk Honda pada Dealer PT. Ramayana Solo Mandiri Sukoharjo, yang meliputi penjualan tunai, kredit, maupun leasing. Pada proses penjualan tunai, setelah konsumen melakukan pembayaran dan kendaraan motor yang dibelinya sudah dilengkapi dengan surat-suratnya. Konsumen bisa langsung membawa pulang kendaraan tersebut atau Dealer PT. Ramayana Solo Mandiri memberikan pelayanan pengantaran barang. Jika secara kredit, konsumen bisa langsung membayar uang muka ke Dealer PT. Ramayana Solo Mandiri sebesar 40% dari total harga kendaraan yang telah ditetapkan jangka waktu pelunasan penjualan secara kredit ini tergantung pada jumlah angsuran kendaraan yang dibeli oleh konsumen. Jika konsumen menghendaki pembelian secara leasing, maka konsumen bisa melalui FIF (Federal International Finance). Apabila melalui FIF, maka konsumen bisa membayar uang muka sebesar 25% - 53% dari harga yang telah disepakati bersama, sedangkan sisanya dibayarkan tiap bulan dengan bunga yang telah ditentukan oleh pihak FIF. Berdasarkan penelitian penulis dapat disarankan sebaiknya perusahaan mempermudah prosedur penjualan yang ditetapkan dan tingkat bunga yang bebankan tidak terlalu tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 09:15
    Last Modified: 25 Jul 2013 09:15
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2974

    Actions (login required)

    View Item