PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN MELALUI KETERAMPILAN KOLASE PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB NEGERI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Jumadilah, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN MELALUI KETERAMPILAN KOLASE PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB NEGERI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1970Kb)

    Abstract

    Jumadilah NIM. X5108511, PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN MELALUI KETERAMPILAN KOLASE PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB NEGERI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Skripsi. Surakarta : Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2010. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus sebagai persiapan menulis permulaan pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan (Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 tunagrahita ringan SLB Negeri Sragen yang terdiri dari 5 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2010. Alat yang digunakan untuk memonitoring dalam penelitian tindakan ini adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik halus sebagai persiapan menulis permulaan pada anak tunagrahita ringan setelah diberi tindakan berupa keterampilan kolase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui keterampilan kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus sebagai persiapan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I di SLB Negeri Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Kata Kunci : tunagrahita ringan, keterampilan kolase, menulis permulaan, kemampuan motorik halus meningkat. Jumadilah NIM. X5108511, PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN MELALUI KETERAMPILAN KOLASE PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB NEGERI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Skripsi. Surakarta : Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2010. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus sebagai persiapan menulis permulaan pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan (Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 tunagrahita ringan SLB Negeri Sragen yang terdiri dari 5 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2010. Alat yang digunakan untuk memonitoring dalam penelitian tindakan ini adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik halus sebagai persiapan menulis permulaan pada anak tunagrahita ringan setelah diberi tindakan berupa keterampilan kolase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui keterampilan kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus sebagai persiapan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I di SLB Negeri Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Kata Kunci : tunagrahita ringan, keterampilan kolase, menulis permulaan, kemampuan motorik halus meningkat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 12 Jul 2013 09:15
    Last Modified: 12 Jul 2013 09:15
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2536

    Actions (login required)

    View Item