IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA BATIK I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

Halimah, Siti Nur (2009) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA BATIK I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (314Kb)

    Abstract

    Siti Nur Halimah. K7405013. IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA BATIK I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perencanaan pembelajar-an ekonomi berbasis KTSP di SMA Batik I Surakarta; (2) Pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbasis KTSP di SMA Batik I Surakarta ; (3) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran ekonomi berbasis KTSP di SMA Batik I Surakarta; (4) Upaya-upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbasis KTSP. Penelitian berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi tunggal terpancang. Sumber data penelitian meliputi : informan, tempat dan peristiwa serta arsip dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data diperoleh melalui cara trianggulasi sumber dan trianggulasi metode dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran ekonomi berbasis KTSP meliputi : (a) Pembuatan kalender pendidikan (b) Program tahunan (c) Program semester (d) Alokasi waktu (e) Silabus (f) RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbasis KTSP dilakukan dalam proses pembelajaran dan penilaian. Dalam proses pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu pendahuluan yang berupa apersepsi dan pengkondisian kelas, tahap kedua berupa inti yaitu penyampaian materi dan konfirmasi, serta tahap ketiga yaitu penutup yang biasanya berupa pemberian tugas kepada siswa. Guru ekonomi di SMA Batik I Surakarta telah menggunakan metode dan media pembelajaran yang beragam yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Sedangkan penilaian pada pembelajaran ekonomi diambil dari nilai tugas, nilai ulangan harian, nilai ulangan tengah semester, ulangan semester serta sikap siswa saat proses belajar mengajar termasuk keaktifan siswa di kelas. (4) Hambatan yang masih dihadapi dalam pembelajaran ekonomi berbasis KTSP yaitu materi terlalu banyak, siswa kurang aktif, bertambahnya beban administrasi guru serta beberapa sarana dan prasarana sekolah yang belum dilengkapi. (5) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu guru memberikan materi kepada siswa diprioritaskan materi untuk penjurusan, UAN dan ujian masuk perguruan tinggi, guru memberikan stimulus berupa pertanyaan dan tambahan nilai, pihak sekolah membentuk forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS), Sekolah berusaha melengkapi sarana dan prasarana sekolah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 12 Jul 2013 05:09
    Last Modified: 12 Jul 2013 05:09
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2500

    Actions (login required)

    View Item