EVALUASI PENERAPAN STRATEGI BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN JASA POS EXPRESS PT. POS INDONESIA SURAKARTA

Prihatin, Ayuk (2010) EVALUASI PENERAPAN STRATEGI BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN JASA POS EXPRESS PT. POS INDONESIA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (560Kb)

    Abstract

    Pemasaran merupakan salah satu faktor terpenting yang ikut mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan. Hal ini erat kaitannya dengan semakin ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan satu dengan perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama. Dalam mengatasi masalah tersebut sangatlah penting bagi perusahaan untuk menerapkan strategi yang baik agar mampu bersaing. Salah satu srategi yang dilakukan perusahaan dalam memperkenallkan produk kepada masyarakat yaitu dengan Promosi. Promosi merupakan salah satu variabel terpenting untuk mengetahui pengaruh peningkatan volume penjualan. maka penulis menyajikan biaya promosi dan volume penjualan yang diperoleh penulis dari perusahaan. Tujuan penelitian ini diadakan untuk mengetahui strategi bauran promosi yang digunakan oleh PT. Pos Indonesia Surakarta dalam peningkatan volume penjualan jasa Pos Express, serta mengetahui pengaruh strategi bauran promosi yang digunakan oleh PT. Pos Indonesia Surakarta terhadap peningkatan volume penjualan jasa Pos Express. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif mengenai penerapan strategi bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan jasa pos express pada PT. Pos Indonesia Surakarta. Penulis menggunakan metode wawancara secara langsung kepada karyawan-karyawan perusahaan. Variabel promosi yang digunakan perusahaan dalam peningkatan volume penjualan antara lain periklanan (menggunakan media cetak, brosur, dan website), dan Promosi penjualan (menggunakan Promosi penjualan saat event-event tertentu, promo, pemberian hadiah langganan, serta pemberian hadiah undian). Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dapak diketahui penurunan terbesar biaya promosi dalam mempengaruhi voleme penjualan ada pada bulan April dengan biaya promosi sebesar Rp. 412.300; atau penurunan prosentase sebesar 66,34% dan penurunan volume penjualan yang dihasilkan Rp 10.786.100; atau penurunan prosentase 9,06%. Sedangkan peningkatan terbesar biaya promosi dalam mempengaruhi volume penjualan ada pada bulan Desember dengan biaya promosi sebesar Rp 2.500.000; atau peningkatan prosentase sebesar 71,59% dan peningkatan voleme penjualan yang dihasilkan Rp 226.606.900; atau prosentase 9,06%. Dapat diketahui hubungan antara biaya promosi dan volume penjualan adalah berkolerasi positif. Semakin besar biaya promosi akan membuat volume penjualan mengalami peningkatan. Begitu juga sebaliknya, biaya promosi yang rendah menyebabkan volume penjualan mengalami penurunan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 21 Aug 2013 17:54
    Last Modified: 21 Aug 2013 17:54
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10329

    Actions (login required)

    View Item